home

PENERIMA RADIO AM SUPERHETERODYNE




Penjelasan masing-masing bagian, sebagai berikut:
  • Antenna berfungsi sebagai pengubah / transducer gelombang elektromagnetik menjadi isyarat listrik.
  • Penguat RF (Radio Frequency Amplifier) merupakan penguat sinyal listrik RF yang dihasilkan oleh antenna.
  • Penala (Tuning)  merupakan RF filter yang berfungsi sebagai pemilah frekuensi dari sekian banyak pemancar yang bekerja pada frekuensi AM 535Khz-1605Khz.
  • Pencampur (Mixer), frekuensi yang telah dipilih penala oleh mixer kemudian digabungkan dengan frekuensi Local Oscilator sehingga menghasilkan frekuensi antara (FIF) sebesar 455Khz. Ada referensi lain yang menggunakan standar IF 470Khz.  Frekuensi IF merupakan hasil pengurangan antara frekuensi oscilator lokal dengan frekuensi RF yang diterima   (If 455Khz = fo – fc).
  • Osilator Lokal (Local Oscilator) merupakan pembangkit frekuensi sinus konstan tertala oleh sebuah kapasitor variabel yang nilainya linear dengan kapasitor variabel Tuning. Besar frekuesi yang dihasilkan oleh osilator lokal ini selalu lebih tinggi 455 kHz dari frekuensi RF yang diterima, yaitu:  fo = (f + 455) Khz.
  • Penguat IF (Intermediate Frequency Amplifier), menguatkan sinyal frekuensi  antara yang merupakan  output mixer 455Khz  sehingga cukup kuat diterima oleh detector.
  • Detector / demodulator terdiri dari sebuah dioda dan kapasitor, dioda melewatkan setengah IF kemudian kapasitor merecover menjadi sinyal audio. Proses ini tidak beda seperti halnya rangkaian penyearah setengah gelombang.
  • Penguat AF (Audio Frequency Amplifier) merupakan penguat frekuensi audio sehingga sinyal audio dari detektor menjadi cukup kuat menggerakan speaker.
  • Loud speaker merupakan transducer / pengubah sinyal listrik audio menjadi audio akuistik.
Contoh gambar skema rangkaian penerima AM superheterodyne sebagai berikut:



Dari gambar skema terdapat rangkaian AGC (Automatic Gain Control)  berfungsi sebagai pengatur penguatan tegangan (gain) dari penguat IF1 sedemikian rupa, sehingga penguatan ditambah pada sinyal-sinyal masuk yang lemah dikurangi pada sinyal-sinyal masuk yang kuat. Dengan demikian, akan didapatkan suatu penguatan yang konstan untuk sinyal yang berbeda-beda intensitasnya.
 

No comments:

Post a Comment