untuk meningkatkan penjualan toko online Anda. Siapa tau setelah mencobanya nanti, omset penjualan Anda akan meningkat drastis.
1.
Social Network
Facebook,
hampir semua orang memilikinya. Baik orang dewasa, anak sekolah bahkan orang
tua kini sudah terhubung di jaringan sosial network ini. Dulunya juga sudah
pernah ada Friendster yang sempat tenar di bumi pertiwi tapi untuk sekarang
yang sedang populer yaitu Facebook dan Twitter. Pastikan Anda punya Fanpage
Facebook sendiri yang memajang produk-produk online Anda.
Kelebihan
lain dari Facebook adalah tombol share. Kekuatan tombol Share memang benar-benar
ajaib, hanya cukup dengan sekali klik saja, Anda bisa mengirimkan
promo-promo Anda ke semua orang yang terhubung dengan jaringan Anda. Ini
artinya Anda menjadi satu langkah lebih dekat dengan para calon konsumen.
Selain itu juga ada fitur Like This. Fitur ini baik yang ada di Facebook
ataupun di website-website yang terhubung dengan Facebook Connect akan
memudahkan produk Anda dilirik. Setiap ‘acungan jempol’ yang diberikan pada
satu produk, akan meningkatkan kepopuleran produk itu sendiri.
Ada
lagi, Facebook Chat namanya, ini bisa membuat Anda terhubung langsung dan bisa
berkomunikasi tanya jawab, bila ada calon konsumen yang ingin membeli produk
Anda tapi masih ragu. Saatnya Anda ‘rayu’ para konsumen supaya mau membeli
produk Anda.
2. Website Mobile
BlackBerry,
iPhone dan Android, ketiganya kini sedang populer di pasaran alat
telekomunikasi, tak terkecuali di Indonesia. Jangan ragu untuk memulai
kesuksesan toko online dari website mobile, kemudahan yang didapatkan oleh
calon konsumen adalah bagaimana cara mereka mendapatkan informasi produk yang
mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Kalau Anda berada di waktu dan posisi
yang tepat, tentunya pelanggan tak akan ragu untuk memesan produk yang mereka
cari di toko online Anda. Maka dari itu, punya toko online yang bisa diakses
melalui ponsel akan jauh lebih baik, karena kekuatan segi marketing Anda akan
memperluas wilayah pemasaran Anda juga.
3.
Direktori Bisnis Online
Ketika
Anda bingung bagaimana caranya agar lebih meluaskan domain dari toko online
Anda, jangan ragu untuk mendaftarkannya ke direktori-direktori bisnis online,
ada banyak sekali website dimana Anda bisa memasang iklan secara gratis sambil
memajang produk Anda. Semakin banyak iklan produk Anda pasang di internet,
semakin besar pula kemungkinan konsumen bisa menemukan produk yang Anda jual.
4.
Location Based Service (LBS)
Bisnis
berdasarkan lokasi akan lebih menyenangkan ketimbang cuma bisnis online biasa.
Jangan takut mendaftarkan diri Anda ke website yang bisa mengakses keberadaan
Anda saat ini seperti Koprol ataupun FourSquare. Buat Anda yang belum tau,
Koprol dan FourSquare adalah dua website yang bisa mengakses keberadaan Anda
saat ini, kota dimana Anda tinggal, tempat yang sedang Anda kunjungi dan dengan
mudah Anda juga bisa update status Facebook ketika berada di kafe atau resto
favorit Anda.
Tariklah
pelanggan agar mampir ke toko Anda. Bagaimana caranya? Kalau di luar negeri,
fitur LBS ini bahkan banyak dimanfaatkan kafe-kafe ternama untuk memberikan
diskon bagi para pengunjung yang sering datang ke kafe tersebut. kalau untuk
toko Anda, Anda bisa menawarkan promo – promo di toko online Anda kepada para
calon konsumen yang sedang berada di dekat lokasi toko Anda. Banyak calon
konsumen yang gampang dirayu dengan diskon dan promo, apalagi lokasinya berdekatan
dengan keberadaan mereka saat itu.
5.
Video Streaming
Siapa
bilang toko online cuma boleh pasang gambar saja? Kenapa tidak mencoba sesuatu
yang baru dengan video streaming online. Anda bisa saja membuat iklan tentang
satu produk Anda dan dibuat seperti iklan di televisi, cukup bikin video iklan
sederhana dan upload ke Youtube. Tak perlu membuat video yang lama,
paling tidak membuat video berdurasi 30 detik sampai 1 menit saja akan membuat
katalog produk Anda semakin menggoda. Cara ini sangat cocok untuk produk ponsel
ataupun eletronik sehingga para calon konsumen bisa tau fitur apa saja sih yang
ada pada ponsel yang akan dibelinya di toko Anda tersebut.
6.
Search Engine Optimization (SEO)
Hanya
membuka lapak di toko online sendiri, tentu sudah banyak orang yang
melakukannya. Agar toko online Anda menjadi lebih ramai dikunjungi, jangan
malas untuk beriklan di website-website lainnya, sehingga akan membuat trafik
Anda menjadi naik dan akan semakin sering didatangi darimana saja.
7.
Harga
Baik
berjualan secara real ataupun online, harga memang prioritas paling utama,
apalagi untuk konsumen yang punya budget pas. Harga mungkin akan menjadi yang
paling sering dilirik, karena biarpun produk yang Anda jual bagus, tapi kalau
di toko sebelah, harganya lebih murah, maka siap-siap kehilangan pelanggan.
Biasakan update informasi mengenai harga produk-produk online Anda secara
berkala, bisa jadi akan membuat Anda lebih tahu mengenai kisaran harga yang
pantas dan waktu yang cocok untuk menawarkan diskon.
8.
User Friendly
Sederhana,
mudah dan minimalis. Rasanya ketiga hal ini menjadi tren di toko-toko online di
luar negeri. Semakin sederhana, end user akan semakin mudah untuk mengakses
toko online Anda. Tentu para calon konsumen akan lebih nyaman berbelanja di
toko online yang mudah dimengerti cara aksesnya ketimbang yang rumit dan banyak
gambar penuh sesak di pampang di sana. Tak jarang banyak calon konsumen yang
belum terlalu paham internet, namun ingin mencoba belanja online.
9.
Percantik Desain Visual
Visualisasi
desain toko online yang bagus, akan membuat ‘cuci mata’ para calon konsumen
menjadi lebih nyaman. Mereka pun akan betah berlama-lama menatap katalog produk
yang sudah Anda sediakan.
Tampilkan
juga Fitur Pembanding Produk, dimana ada 2 produk sejenis dengan beda merk
ataupun harga bisa dibandingkan, sehingga calon pembeli akan bisa memilih mana
yang lebih cocok dengan kebutuhannya. Akan lebih bagus lagi kalau ditampilkan
pula, Rekomendasi Produk yang mana produk-produk pilihan ini ditampilkan
berdasarkan personalisasi pengguna, mana yang lebih sering ia lihat atau yang
sudah ia belanjakan. Dengan fitur ini, calon konsumen akan semakin dimanjakan
sehingga ia akan lebih mudah membeli produk mana yang ia butuhkan tanpa harus
mencarinya terlebih dahulu. Mencari tentu akan membutuhkan waktu, sedangkan
para calon konsumen Anda bisa saja sibuk dan ingin cepat-cepat membeli apa yang
mereka butuhkan saat itu juga.
10.
Resolusi
Resolusi
1024×768, banyak sekali website toko online berprinsip kuno karena masih saja
terus menggunakan resolusi tersebut. Padahal saat ini sudah banyak resolusi
yang lebih kecil atau yang lebih besar seukuran 1280, 1440 ataupun 1600. Banyak
calon pengunjung yang akhirnya dipaksakan melihat website yang tidak sesuai
ukuran layarnya, sehingga dengan melihatnya saja, calon konsumen menjadi kurang
nyaman berbelanja.
Tak
jarang pula kebanyakan website toko online, hanya memasang sedikit produk di
bagian kategori. Hal ini rasanya amat mubazir. Karena banyak dari netter malas
membuka halaman satu per satu. Para netter lebih tertarik untuk menggeser
scroll ke bawah ketimbang harus membuka halaman satu demi satu untuk memilih
produk yang dibutuhkannya.
11.
Perbanyak Animasi, Kurangi Loading Time
Poin
ini tampaknya agak dilema, dimana Anda harus memperbanyak animasi dan
mengurangi waktu loading satu halamanwebsite. Perkembangan teknologi website
saat ini semakin pesat. Gunakanlah teknologi AJAX, kurangi penggunaan Flash.
Bisa Anda bayangkan ketika Anda memasang produk dengan animasi-animasi Flash di
dalamnya untuk mempercantik. Sayangnya si konsumen tidak menginstall Flash,
maka animasi ini tak akan muncul, justru akan membuat ruang kosong saja
nantinya.
Tentu
saja animasi AJAX yang ditampilkan ini tidak kalah cantiknya. Dari sekedar
menampilkan menu dinamis, konten dinamis sampai menampilkan galeri. Bahkan
membuat website lebih ringan dan cepat diakses. Semakin cepat website dibuka,
calon konsumen pun akan semakin sering mengunjungi toko online Anda. Mereka
akan datang lagi dan datang lagi. Animasi AJAX di sini akan bisa mempercantik
website toko online Anda tanpa memberatkan waktu loading page website toko
online Anda.
12.
Tipografi
Susunan
huruf dan tipe huruf, hal kecil memang tampaknya, tapi huruf memerankan peranan
sangat besar. Huruf yang cocok digunakan di dalam satu website akan memperkuat
kesan dan pesan yang disampaikan pada pengguna.
Masih
banyak sekali website toko online yang menggunakan huruf-huruf yang aman di
browser. Tentunya hal ini membuat para designer terbatas menggunakan huruf. Tak
jarang pula, akhirnya huruf ini terpaksa ditempelkan pada gambar agar di
browser tetap tampil sesuai yang diinginkan. Hmm, tentu ini bukan solusi yang
baik. Untungnya HTML5 sudah mulai unjuk gigi dan memberikan solusi ciamik
sehingga menggunakan teknologi seperti TypeKit dapat membantu Anda memberikan
kesan yang cocok dari toko online Anda. Misalkan Anda menjual produk-produk
untuk para wanita, maka akan cocok bila Anda gunakan huruf yang luwes dan terkesan
feminin.
13.
Percantik Katalog
Toko
online yang modern saat ini rata-rata menggunakan setidaknya 75% halaman untuk
menampilkan katalog produknya, selebihnya akan digunakan sebagai navigasi
halaman ataupun ruang kosong.
Katalog
tidak hanya terdiri dari kata-kata saja, tapi tentu lebih dipercantik oleh
gambar. Nah, gambar ini punya kekuatan yang cukup besar untuk menarik minat
calon konsumen. Kalau Anda memasang gambar yang buram dan tidak menarik, pasti
tidak akan menarik simpatik konsumen. Tampilkanlah gambar yang semenarik
mungkin, dengan tata letak tidak bertabrakan dengan tulisan. Sehingga mata akan
betah untuk berlama-lama menatapnya.
Tunggu
apalagi? Segeralah praktekkan tips-tips di atas supaya toko online Anda menjadi
laris manis di pasaran.
No comments:
Post a Comment