home

Membuat Wallpaper Fantasi Luar Angkasa (Bag-1)

Tutorial Photoshop kali ini akan membahas cara menggambar pemandangan luar angkasa dengan berbagai benda langit yang menghiasinya, seperti planet, bintang-bintang, satelit, cahaya matahari dan lainnya. Bagaimana membuat tekstur permukaan planet, membuat efek 3D membentuk bola, menggambar bintang-bintang, dan efek kilauan cahaya matahari semuanya akan kamu temukan disini. Karena langkahnya cukup panjang, tutorial ini akan saya bagi menjadi dua bagian dan pada bagian pertama kita akan menggambar bentuk dasar planetnya yang kemudian dilanjutkan memberi efek pemandangan luar angkasa pada bagian dua.

Preview Hasil Akhir dari Gambar

Mungkin sebagian orang berpikir untuk membuat sebuah gambar antariksa yang berisikan planet dan benda langit lainnya membutuhkan aplikasi 3D mutakhir atau mungkin membutuhkan kamera super canggih yang bisa memotret pemandangan langit nan jauh disana. Tapi sebenarnya itu bisa dihasilkan dengan menggunakan efek-efek yang terdapat pada Photoshop. Sebelum kita mulai tutorial panjang ini simak terlebih dahulu gambar yang akan kita buat, sehingga bisa menambah semangat untuk mengikuti tutorial ini sampai akhir.

Langkah 1

Buka Photoshop dan buat dokumen baru ukuran 1200 x 1200 pixel dengan resolusi 300 dpi. Pilih Filter > Render > Clouds lalu lakukan duplikasi pada dokumen dengan Image > Duplicate. Simpan hasil duplikasi ini dengan nama clouds.psd dan ingat dimana kamu menyimpannya karena file ini akan kita butuhkan nanti.

Langkah 2

Pada file yang asli klik lakukan filter sekali lagi dengan Filter > Render > Difference Clouds.

Langkah 3

Tekan Ctrl+L untuk memunculkan pengaturan level kemudian geser input putih kekiri sekitar 150 dan output hitam ke kanan kira-kira sebesar 115.

Langkah 4

Buat layer baru dan ubah blending modenya menjadi Overlay. Gunakan Radial Gradient Tool dengan gradient dari foreground ke transparent. Gunakan foreground putih untuk membuat daerah terang dan foreground hitam untuk mempergelap bagian yang lain

Langkah 5

Buat gradient map seperti tampak pada gambar berikut

tambahkan layer baru dengan nama ‘lingkaran’, kemudian gunakan gradient yang barusan kita bikin untuk membuat beberapa lingkaran dengan besar diameter bervariasi.

Langkah 6

Sekarang kita buat warna dari lingkaran-lingkaran tadi menyatu dengan tekstur tanah, ini bisa dilakukan dengan menggunkan filter, Filter > Render > Difference Clouds.

Langkah 7

Pada langkah 1 kita telah membuat file clouds.psd, ingat-ingat dimana kamu menyimpannya karena sekarang akan kita gunakan. kita akan menggunakan distort untuk mengubah lingkaran-lingkaran tadi agar kelihatan lebih realistis, klik Render > Distort > Displace biarkan setting seperti yang ada pada default lalu OK dan pilih file clouds.psd.


Langkah 8

Disini akan kita buat tekstur permukaan planet lebih kelihatan nyata. Pilih semua layer lalu gabungkan menjadi satu dengan menekan Ctrl+E. Kemudian beri nama layer hasil gabungan ini dengan ‘daratan’. Sekarang pilih Filter > Stylize > Emboss, atur Angle menjadi 135, Height 4 dan Amount 248%. Semuanya bisa kamu lihat seperti gambar dibawah. Jangan lupa tekan OK, sekarang jadilah tekstur tanah planet seperti apa yang kita inginkan.

Langkah 9

Tekstur daratan sudah oke, tapi seperti kita tahu, di bumi tidak hanya daratan tetapi juga ada lautan. Jadi untuk membuatnya lebih kelihatan planet banget, kita tambahkan layer baru dengan nama ‘lautan’. Tentu saja jika hanya layer kosong kaya gini nggak akan mirip lautan, perlu dilakukan beberapa efek.
Ubah setting warna foreground menjadi #8b8b8b dan background #545454. Jalankan filter sekali lagi, Filter > Artistic > Paint Daubs. Gunakan Brush Size 50, Sharpness 7 dan untuk Brush Tipe pilih Wide Blurry. Setelah filter selesai perbesar ukuran layer sampai 150% kemudian geser untuk memperoleh area paling menarik untuk ditampilkan.

Langkah 10

Lakukan filter sekali lagi, Filter > Sketch > Chrome lalu ubah nilai Detail menjadi 4 dan Smoothness menjadi 7.

Langkah 11

Efek yang dihasilkan langkah 10 sedikit terlalu kuat sehingga kita harus menguranginya dengan Edit > fade > Chrome gunakan Opacity sebesar 70%.

Langkah 12

Efek permukaan air lautnya sudah bagus tapi aneh juga jika warna air laut abu-abu, jadi harus kita ubah warnanya.
Tambahkan Adjustment Layer baru dengan Layer > Adjustment Layer > Hue/Saturation, layer ini kita gunakan untuk mengubah warna tekstur permukaan air kita, Untuk menampilkan warna biru, isikan pada Hue 200, Saturation 25, Lightness -29 dan satu lagi, beri tanda cek pada Colorize yang ada dibawahnya.

Langkah 13

Pada jendela layer, klik layer daratan, tahan dan geser ke atas sehingga posisi layer di atas semua layer lainnya. Beri Layer Mask pada layer ini dengan menuju Layer > Layer Mask > Reveal All. Lakukan Filter Clouds sekali lagi dengan sebelumnya memilih warna hitam sebagai foreground dan putih sebagai backgroundnya.

Langkah 14

Lanjutkan dengan Filter > Artistic > Fresco dengan Brush Size 2, Brush Detail 8 dan Texture 1, atau lebih jelasnya pada screenshot berikut.

Langkah 15

Berikutnya tekan Ctrl+L untuk memunculkan pengaturan Level. Untuk setting level bisa kamu lihat dibawah.

Langkah 16

Lakukan unlink pada mask dari layer daratan dengan mengklik pada gambar mata rantai yang ada di tengah keduanya. Ini akan menjadikan perubahan ukuran dan posisi mask tidak berefek pada layer. Setelah itu perbesar ukuran mask sampai sekitar 300% lebih besar dari ukuran sebelumnya. Lalu geser sampai kamu menemukan bentuk tekstur yang paling bagus.

Langkah 17

Sekarang kita pergelap warna permukaan planet dengan Hue/Saturation. Pilih Layer > New Adjustment Layer > Hue/Saturation, akan muncul dialog box, beri tanda cek pada ‘Use Previous Layer to Create Clipping Mask’, dengan begitu layer ini akan menjadi Clipping Mask untuk layer dibawahnya, kemudian tekan OK. Masukkan nilai Hue 22, Saturation 27 dan Lightness -40.

Langkah 18

Simpan file lalu klik Layer > Flatten Image. Untuk membuat planet menjadi bulat pilih Filter > Distort > Spherize dan gunakan Amount 100%.

Langkah 19

Ekstrak bagian yang mendapat efek bola menggunakan Elliptical Marquee Tool, bisa juga menggunakan cara mengekstrak gambar lainnya.

Untuk kelanjutannya insyaAlloh akan menyusul.
Incoming search terms:

No comments:

Post a Comment